KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081513863301
  • SMS - 081513863301
  • Whatsapp - 081513863301
  • admin@ranicookies.com
Beranda » Artikel Terbaru » Mentega

Mentega

Diposting pada 10 September 2018 oleh indira

MENTEGA

Mentega merupakan produk turunan susu yang diperoleh dari mengaduk krim yang dipeoleh dari susu. Mentega biasanaya digunakan sebagai olesan roti  dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti, cake dan masakan, bahkan terkadang untuk menggoreng. Pengganti mentega adalah margarin ( lihat disini ) yang harganya lebih murah, memiliki sedikit lemak dan kolesterol, serta terbuat dari mintak nabati atau lemak hawan.

Mentega adalah emulsi dari air-dalam-minyak. Mentega tetap padat dalam kondisi dingin tetapi meleleh secara konsisten pada suhu kamar/suhu ruang.

Bahan dasar mentega adalah krim susu. krim susu adalah lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari dalam kulkas. krim ini dipisahkan dari lapisan bawah susu. Mentega dibuat dengan cara mengaduk krim susu dengan alat pengaduk sampai berbentuk padat.

Setelah proses pengadukan krim susu terpisah menjadi bagian lemak yang padat dan bagian cair. Bagian cair tersebut dinamakan butter milk, bagian yang padat disebut mentega. Mentega dicetak menggunakan cetakan sesuai selera. Untuk proses lebih lanjut, mentega dapat dipanaskan diatas api kecil samapi terbentuk warna kuning keemasan. Cairan yang terbentuk dipisahkan dari kotoran yang berupa padatan. Cairan tersebut disebut dengan minyak samin yang biasa digunakan untuk masakan di kawasan Asia Selatan.

Kandungan gizi pada 100 gram mentega:

  1. Energi               :   725 kkal
  2. Protein             :  0,5 gram
  3. Karbohidrat    :  1,4 gram
  4. Lemak              :  81,6 gram
  5. Kalsium           :  15 ml gram
  6. Fosfor              :  16 ml gram
  7. Fe                     :  1 ml gram
  8. Vitamin A       :  3300IU

Tekstur mentega yang lembut dengan warna kuning pucat dan titik leleh yang rendah menjadikan mentega harus selalu disimpan di kulkas.

Dalam masyarakat ada dua mentega. Yang pertama adaalah mentega dengan proses aseperti yang diceritakan diatas, sedangkan yang kedua adalah mentega putih. Mentega putih pada dasarnya proses pembuatannya berbeda dengan proses pembuatan mentega. Mentega putih terbuat dari lemak hewani, lemak nabati atau campuran dari keduanya. yang membedakan mentega putih memiliki kandungan lemak penuh atau tidak ada kandungan air didalamnya. mentega putih ini biasa disebut shortening.

Shortening mempunyai warna putih, tidak berbau dan tekstur lebih padat dibandingkan mentega yang lain. titik lelehnyapun lebih tinggi, sekitar 40-44 derajat C.

 

Wonosobo,  10 September 2018

  • Source:
  • wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Mentega
  • http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-mentega-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.W5Yz8-gzbIU

 

Bagikan informasi tentang Mentega kepada teman atau kerabat Anda.

Mentega | Rani Cookies

Belum ada komentar untuk Mentega

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami

Pos-pos Terbaru

Arsip

Statistic

  • 9
  • 23
  • 871
  • 6.252
Cart
Kontak